5 Perbedaan USG dan VET Dalam Pemeriksaan Pada Manusia dan Hewan

Alat USG terdiri atas berbagai jenis. Ada yang memang penggunaannya untuk tubuh manusia dan ada yang untuk hewan. Oleh karena itu, Anda juga setidaknya perlu mengetahui perbedaan USG dan VET.

Meskipun prinsip dasar pemindaian ultrasonografi (USG) serupa antara manusia dan hewan, terdapat perbedaan dalam desain dan aplikasi alat USG untuk manusia dan hewan.

Mari simak artikel ini hingga selesai.

Perbedaan Alat USG Manusia dan Alat USG VET

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara alat USG biasa untuk manusia dan alat USG VET untuk hewan:

Perbedaan Alat USG Manusia Alat USG VET
Frekuensi Gelombang Ultrasonik Pemindaian ultrasonik pada manusia umumnya menggunakan frekuensi gelombang yang sesuai untuk melihat struktur internal tubuh manusia. Pada hewan, frekuensi gelombang ultrasonik menyesuaikan dengan spesies tertentu dan ukuran tubuhnya.
Probe dan Desain Transduser Sesuai dengan anatomi dari tubuh manusia. Alat USG untuk hewan kerap memiliki probe yang khusus untuk spesies atau area tubuh tertentu pada hewan.

 

Aplikasi Klinis Dirancang untuk mendukung berbagai aplikasi klinis pada manusia, termasuk pemindaian organ dalam seperti jantung, hati, ginjal, dan lainnya. Sementara alat USG untuk hewan dapat dirancang untuk aplikasi khusus dalam kedokteran hewan, termasuk pemindaian organ hewan tertentu, pemantauan kehamilan pada hewan, dan penilaian kesehatan reproduksi.
Ukuran dan Portabilitas Alat USG manusia umumnya memiliki variasi ukuran dan tingkat portabilitas, tergantung pada penggunaan dan aplikasi klinisnya. Untuk alat USG hewan memiliki perancangan yang mempertimbangan portabilitas yang lebih besar untuk memfasilitasi penggunaan di lapangan atau di lokasi yang jauh dari fasilitas kesehatan hewan.
Perangkat Lunak dan Pengaturan

 

Perangkat lunak telah disesuaikan dengan interpretasi tubuh manusia. Perangkat lunak pada alat USG untuk hewan punya rancangan khusus untuk interpretasi gambar dan analisis spesifik yang berkaitan dengan kebutuhan klinis hewan.

USG dan VET, Mana yang Lebih Bagus?

Jadi, perlu Anda ketahui, USG biasa tidak sedetail dalam memeriksa hewan. USG VET dalam memeriksa hewan bisa lebih rinci. Untuk hasil yang optimal, tergantung Anda mau gunakan untuk manusia atau hewan.

Untuk hewan sendiri, ada berbagai jenis alat USG yang dirancang untuk spesies dan aplikasi tertentu, termasuk alat USG untuk hewan kecil seperti anjing dan kucing, serta alat khusus untuk hewan besar seperti sapi atau kuda.

Perbedaan USG dan VET perlu seorang dokter ketahui. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli alatnya? Anda bisa memilih USG VET dari Sogata.

Berikan praktik yang terbaik dengan alat yang berkualitas, baik Anda sebagai dokter hewan atau dokter fertilitas. Anda bisa dapatkan produk di Setia Manggala Abadi yang bisa klik Produk VET untuk melihat katalog alat USG VET Sogata. Bila ingin produk USG yang untuk manusia bisa klik Produk USG.

Leave a Reply

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu?
Hallo dokter, terimakasih udah menghubungi kami USG SOGATA. Ada yang bisa kami bantu?